Selasa, 10 Oktober 2017

Menikmati Indahnya Pantai Empu Rancak Jepara

Haloo sahabat petualang…
Membahas soal pantai, di jepara jawa tengah ini termasuk gudangnya pantai. Sepertihalnya di gunung kidung yang mempunyai pantai2 berderetan yang indah, di jepara juga tidak kalah mempunyai deretan pantai yang indah. Salah satunya adalah pantai Empu Rancak.

Pantai Empu Rancak atau disebut juga Pantai Purancak adalah pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. tidak hanya pantainya yang indah dan berpasir putih, kawasan ini banyak ditemui pilihan makanan menu seafood. Pantai Empu Rancak terlentak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo. Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.


Dipantai empurancak ini sangat cocok untuk wisata sekaligus kuliner bersama keluarga, pasangan ataupun bersama teman- teman. Parkir kendaraan luas, dan juga pantai empurancak ini bisa buat mandi atau berenang dan juga cocok untuk menikmati keindahan sunset sore hari, karena matahari tenggelam tepat di tengah pantai empurancak.

Lokasi Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak atau disebut juga Pantai Purancak adalah pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Akses menuju lokasi sangat mudah sudah ada plang petunjuk dijalan. Atau bisa menggunakan maps dan GPS.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk tiket masuk karna sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat biasnya 5000/motor. Tapi kadang disaat hari sepi dan tidak ada penjaganya biasanya gratis tidak bayar.

Untuk parkir gratis, tersedia tempat parkir di lapangan dekat pantai, tapi apabila ramai pengunjung biasanya parkir bayar.

Untuk fasilitas terdapat mushola di dekat pantai.

Baca Juga : Pantai Greweng Gunung Kidul

Pesona Pantai Empu Rancak
Pantai Empu Rancak ini keindahanya tidak usah ditanyakan lagi. Pantainya masih sepi, bersih dari sampah, berpasir putih dan juga terdapat pepohonan yang teduh untuk bersantai atau bisa buat hammockan.


Di Pantai Empu Rancak juga bisa buat mandi dan berenang, pemandangan yang paling indah adalah ketika sore hari menjelang gelap. Yaitu melihat matahari tenggelam / sunset. Di pantai empu rancak ini matahari tenggelam tepat di tengah laut jadi kelihatan luar biasa indahnya apa bila cuaca bagus.


Pantai Empu rancak airnya tenang dan tak ada ombak , bersih, dan jika dilihat dari banyaknya serpihan batu karang dan pecahan trumbu karang sepertinya pantai ini dulunya memiliki keindahan bawah laut yang bagus. Disini  juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan panorama keindahan sunset dan sunrise.


Nah, yang lebih spesial lagi adalah makanan khas berupa makanan laut seperti ikan, cumi dan udang. Makanan laut tersebut dapat dimasak sesuai selera konsumen. Bisa di bakar, di goreng kering, atau asam manis. Beberapa ikan yang tersedia seperti Ikan Ngangas, Badong, Krapu, Kakap Merah dan Dorang. Untuk harga ikan cukup murah. Makan di pinggir pantai dengan menikmati makanan khas laut yang lezat.


 

Juga terdapat masakan khas Jepara yaitu Pindang SeraniPecel Ikan Laut PanggangTempongSup Udang JeparaSiomay Tongkol, dan lain-lain. Silakan dipilih mana yang sesuai dengan view pantai. Namun kebanyakan orang mampir di warung yang berada langsung dekat dengan ujung jalan. Warung dengan suguhan pemandangan laut dan menikmatinya di bawah pohon. Atau menikmati di bilik-bilik di pinggir pantai langsung. Apapun pilihannnya, semuanya menarik untuk dinikmati.
  ================================== = = = ===============================
Lokasi: Mlonggo, Jepara Regency, Central Java, Indonesia

1 komentar: