Rabu, 05 Juli 2017

Solo Hiking Gunung Papandayan 2.665 Mdpl

Assalamualaikum sahabat petualang …..
Saya mau berbagi cerita lagi nih, masih di jawa barat. Setelah dari Cirebon Kali ini saya mau lanjutin lagi petualangan saya di jawa barat sendirian kayak orang hilang.haha  setelah dari ciremai lanjut menuju papandayan. Sebenernya saya bener2 sudah lelah dan capek setelah turun dari ciremai, tapi karena mumpung di jawa barat dan lagi libur kerja pula jadinya mau lanjut menuju papandayan yang berada di garut cisurupan. Jarak dari cirebon menuju garut kurang lebih 4 jam, lumayan lah bisa buat tidur di bus.hehe

Gunung papandayan ini termasuk wisata yang rame pengunjung setiap harinya. Karena gunungnya yang gak terlalu tinggi dan mempunyai panorama alam yang indah terdapat kawah pula yang menyemburkan suara seperti kompor gas, terus terdapat hutan mati yang keren dan juga padang edelwes tegal alun surganya edelweis yang membuat banyak orang ingin mengunjungi gunung ini terutama para penggiat alam.

Gunung papandayan ini memiliki tinggi 2.665 Mdpl yang terletak di garut jawa barat tepatnya di kecamatan cisurupan. Gunung papandayan ini memiliki beberapa kawah yang terkenal yang menjadi objek wisata, yaitu kawah mas, kawah baru, kawah nangklak, dan kawah manuk. Jalur cisurupan ini merupakan jalur yang bersahabat karena jaraknya yang gak terlalu lama.

Transportasi menuju gunung papandayan

Menuju garut cukuplah mudah, dari semarang jawa tengah bisa menggunakan kereta terus turun dibandung, selanjutnya dari stasiun bandung menuju terminal dlu lanjut naik bus menuju terminal Guntur garut. Lanjut naik angkot menuju pertigaan cisurupan selanjutnya ngojek/ naik pickup menuju  basecamp papandayan.

Atau bisa menggunakan bus dari terboyo semarang ambil jurusan tasikmalaya lanjut naik bus menuju garut, dari terminal Guntur garut nanti naik angkot/ carter angkot menuju pertigaan cisurupan selanjutnya ojek/ naik pick up menuju basecamp papandayan.

Karena saya dari Cirebon jadi lebih dekat hanya naik bus 2 kali langsung menuju terminal Guntur garut jawa barat lanjut naik angkot menuju pertigaan cisurupan lanjut ngojek kelokasi basecamp papandayan.

Simaksi pendakian gunung papandayan

Untuk biaya masuknya itu 10 ribu/orang dan cukup mudah untuk pendaftaranya tidak seperti gunung semeru atau gede yang harus boking online dulu. Untuk parkir saya kurang tau.hehe

Jalur pendakian basecamp/parkir – Pondok Salada

Saya sampai di basecamp pendakian gunung papandayan jumat malam, waktu itu saya tidak langsung naik tapi istirahat dulu dan rencana naik sabtu pagi. Rencananya saya tiktok langsung turun tidak camp. Saya mulai mendaki sabtu pagi sekitar pukul 8 pagi. Saya hanya bawa air 1,5 liter, flashit, dan logistic untuk tenda dan lainya saya titipkan di basecamp karena rencana langsung turun.

Dari parkiran pendakian pun dimulai dengan jalur pertama nanjak bebatuan melewati kawah, oiya waktu melalui jalur kawah ini harus hati2 saat melangkah karena ada beberapa bagian yang gembur dengan suhu yang  cukup panas yang bisa mengakibatkan kaki terperosok. sampai terdengar semburan kawah yang mirip kompor gas yang menurut saya ini keren abis dah ada deg2 gan nya juga takut terperosok ni kaki.haha

( Kawah Papandayan )

Setelah melewati jalur bebatuan selanjutnya memasuki hutan. Susana yang tadinya bau belerang sepanjang jalan sekarang jauh lebih baik dan sejuk karena banyak pepohonan. Di hutan ini viewnya cukup bagus banyak yang berfoto2 di sini tapi apa daya saya sudah mulai lelah, males ngapa2in sendirian pula, okelah lanjut saja biar bisa instirahat.haha

Oiya, nanti sesampai di pintu lawing angin, nanti ada 3 jalur. Sebelah kiri menuju pondok salada (camp ground), sedangkan yang kanan menuju tegal alun, sementara kalo lurus menuju pengalengan. Sebenernya saya mau langsung menuju tegal alun, tapi karena penasaran dengan pondok saladah akhirnya saya memutuskan mampir sebentar. Sesampai di pondok saladah saya istirahat sebentar sambil ngobrol2 sama pendaki lain dari bandung.

( Pondok Saladah )

Di pondok salada ini tempatnya luas, ada warungnya dan juga sumber air, cukup buat mendirikan sampai puluhan tenda. Terdapat juga bunga edelweiss dan juga dari sini kita juga bisa melihat hutan mati yang terlihat mistis dan misterius tapi tetap keren. Dari parkiran menuju pondok saladah memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Pondok Salada – Tegal Alun

Untuk menuju tegal alun nanti kita melewati hutan mati papandayan yang keren berupa pepohonan yang kering yang eksostis pokoknya.haha kamu bakal betah disini bisa foto2 sepuasnya tapi tidak dengan saya nih, saya udah males ngapa2in disini bisanya cuman ngelihat orang pada asik foto2 saya cuman bengong ngelihatnya. Soalnya udah males di tambah capek terus batre agak lobet pula hanya bisa mengabadikan beberapa saja dan kadang meminta bantuan pendaki lain buat fotoin. Dari pondok salada menuju hutan mati sangat dekat jalurnya juga landai.

( Hutan Mati Papandayan )

Nah.. pendakian baru benar2 di mulai setelah melewati hutan mati yaitu menuju tegal alun. Menuju tegal alun ini nanti melewati jalur yang nanjak yang lama2 semakin menanjak jalurnya cukup buat kaki ini tambah pegel2.haha

Setelah cukup lumayan lama dengan track yang menguras tenaga sekitar 30 menit dari hutan mati, akhirnya sampai juga di tegal alun surganya bunga edelweiss. Hah… mantab dah pokoknya.

Akhirnya setelah sampai di tegal alun saya langsung bikin bivak dengan flsahit dan saya langsung tidur dah, karena badan udah tersa pegel2 di campur ngantuk sama males,, ya sudahlah tinggal tidur saja.haha

Sekitar jam 2 siang saya bangun dan masak mie instan campur sosis buat nambah tenaga buat turun. Karena rencana saya tidak ngecam dan langsung turun. Tidak terasa sekitar pukul 4 sore saya sampai juga di parkiran dan selesailah petualangan saya di jawa barat.hehe hari mingu pagi saya langsung bergegas pulang ke jawa tengah demak tercinta. Sampai bertemu lagi jawa barat,, tunggu kedatanganku lagi ya.

( Tegal Alun Papandayan)

terimakasih kepada Allah yang selalu menjaga di setiap langkahku, terimakasih juga kepada bapak dan ibu yang selalu memberi ijin dan mendoakan anaknya yang agak bandel ini disetiap perjalanannya. Tidak lupa terimakasih kawan2 depok dan bang pens dkk, yang banyak membatu selama di jawa barat. Insyallah kalo ada libur panjang lagi saya bakal main lagi dah ke jawa barat, tentunya ketempat yang berbeda.hehe