Kamis, 05 Oktober 2017

Explore Pantai Greweng Surga Tersembunyi Gunung Kidul

Haloo sahabat petualang,
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya explore pantai di gunung kidul yaitu pantai greweng. Wisata alam yang masih perawan kerap kali masih banyak di temukan di kabupaten gunungkidul seperti hal nya pantai greweng. Nah, salah satu pantai yang belum banyak diketahui orang adalah Pantai Greweng, mungkin nama tersebut terdengar sangat asing di telingamu, karena memang Pantai Greweng masih kalah populer dengan pantai-pantai tetangganya.

Namun soal keindahan jangan ditanyakan lagi. Pantai greweng ini bak surge tersembunyi gunung kidul. Pantainya masih alami, bersih, berpasir putih dan yang pastinya sangat indah sekali.

Rute dan Lokasi Pantai Greweng

Pantai greweng ini terletak di desa jepitu, kecamatan girisubo, kabupaten gunungn kidul. Pantai ini terletak diantara pantai wediombo dan juga pantai jungwok dan juga pantai sedahan. Titik koordinat gps pantai greweng -8.197779,110.718772

·         Alamat ; Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
·         74 Km dari pusat Kota Jogja 2 jam 9 menit.
·         70 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 57 menit) perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala.
·        Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang belok kiri arah kota Wonosari) Siono lurus menuju kota Wonosari - Ambil kanan menuju jl. Baron - pertigaan mulo ambil kiri arah Tepus - Tepus (kanan ke Indrayanti kekiri arah siung dan Wediombo) ambil kiri - Ndakbong - Purwodadi lurus saja - Balong - pertigaan Jepitu (pasar Jepitu) - ambil kanan menuju arah Wediombo - Setelah TPR sebelum sampai Wediombo ambil kiri menuju Pantai Jungwok - Pantai Greweng – Parkir kendaraan di tempat parkir – Lanjut Menuju Pantai Greweng Jalan Kaki sekitar 20 Menit.

·         Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Gading (lapangan terbang) - wonosari - ( ambil arah menuju semanu, wonosari kota lurus) - semanu - Pasar Munggi - Cuwelo - Giri Panggung - Cikal - Ngawar-awar - Pertigaan Balong ambil kiri, arah jepitu- Pertigaan Jepitu ( Pasar Jepitu) - ambil arah kanan menuju Pantai Wedeiombo - sebelum sampaipantaiwediombo belok kiri menuju pantai jungwok - Pantai Greweng - Parkir kendaraan di tempat parkir – Lanjut Menuju Pantai Greweng Jalan Kaki sekitar 20 Menit.

Fasilitas

Fasilitas di tempat wisata Pantai Greweng masih seadanya, tapi sudah terdapat beberapa warung makan, dan tempat parkir motor dan mobil yang cukup luas.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Untuk tiket masuknya hanya Rp. 5000 dan parkir motor Rp. 5.000 kalo mobil Rp.10.000

Akomodasi / Penginapan

Belum terdapat penginapan di sekitar Pantai Greweng, sebagai gantinya kamu bisa camping (berkemah) di area pantai, selain lebih murah juga lebih seru karena kita bisa lebih dekat dengan alam.

Perjalanan Menuju Lokasi Pantai Greweng dari Parkir

Pantai Greweng tepatnya di balik bukit pantai Jungwok, jadi nanti ada pertigaan kecil yg mengarah ke pantai Jungwok kalau mau ke pantai Greweng ambil kiri yang satu jalur dengan pantai Sedahan.

Untuk menuju lokasi pantai greweng diwajibkan membawa bekal air minum, karna di pantai greweng tidak ada yang jual air minum ditambah menuju lokasi pantai greweng kita harus jalan kaki sekitar 20-30 menit dari tempat parkir.

Jalur yang dilalui berupa tanah  bebatuan dengan melewati ladang penduduk terlebih dahulu dengan track menurun. Sekitar 15 menit perjalanan nanti ada percabangan ambil arah menuju pantai greweng, tenang saja ada plang petunjuknya kog.

Akhirnya setelah 20 -30 menit dengan track menanjak dan menurun bebatuan akhirnya sampailah di pantai greweng surge tersembunyi di gunung kidul. Pantai greweng ini sangat cocok untuk camping/berkemah keluarga ataupun bersama teman2. Apabila ingin melihat sunrise kita bisa naik tebing sebelah pantai greweng, dari tebing sunrise kelihatan sangat jelas dan indah sekali.