Senin, 09 Oktober 2017

Explore Keindahan Air Terjun Sumenep Jepara

Haloo sahabat petualang,,
Ngomongin air terjun, di jepara jawa tengah ini bisa dibilang surganya air terjun. Karena di jepara ini banyak sekali air terjun, dari air terjun yang sudah dikelola, ataupun air terjun yang masih tersembunyi. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman explore salah satu air terjun dijepara yaitu air terjun sumenep.

Air Terjun Sumenep adalah objek wisata air terjun yang bertingkat tiga terletak sebelah selatan objek wisata Wono Pinus Setro. Di sekitar air terjun ini kita akan disuguhi sejuknya alam dengan gemericik air yang jatuh dari tebing hingga membuat kita betah berlama-lama dan enggan untuk kembali pulang kerumah, karena tempat ini sungguh sangat alami dan eksotis sebab belum terjamah oleh banyak manusia namun tetap aman.

Lokasi Air Terjun Sumenep
Air Terjun Sumenep merupakan salah satu objek wisata di desa Batealit, kecamatan Batealit, kabupaten Jepara. Lokasi tepatnya Air Terjun Sumenep berada di Dukuh Setro.
Untuk menuju lokasi Air Terjun Sumenep dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Wono Pinus Setro. Pada 10 menit pertama kita akan melintasi punggung bukit dengan jalan berbatu selebar 2 meter yang sudah tertata rapi, selanjutnya kita akan menjumpai pertigaan jalan setapak selebar 50cm. Belok ke kiri menyusuri jalan setapak yang banyak ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Lokasi air terjun dari sini, selebihnya kita tinggal menuruni bukit ke area persawahan menuju lokasi air terjun tingkat pertama dengan tracking atau jalan kaki.

Perjalanan Menuju Air Terjun Sumenep
Seperti yang kita ketahui, Jepara merupakan surganya air terjun. Banyak air terjun dan grenjengan disini. bahkan ada yang sampai menyebut bahwa Jepara kota air terjun. Air terjun ini tersebar di berbagai kecamatan di Jepara, salah astunya adalah kecamatan Batealit. di Kecamatan Batealit ada beberapa air terjun. Salah satunya adalah air terjun Sumenep. Air terjun ini terletak di lembah wono pinus setro atau tines. Dari tines dilanjutkan jalan kaki ke arah atas kira-kira 15 menitan. Selama perjalanan kita akan di suguhi pemandangan ala pegunungan seperti panorama perbukitan beserta tebing dan persawahan di kanan kiri yang akan memanjakan mata serta bisa kita jadikan target hunting fotografi panorama alam.

Di air terjun sumenep ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, atau dengan pasangan atau cocok juga untuk berkemah/ camping bersama teman2. Untuk lokasi camp yang cocok itu di air terjun pertama. Karena di air terjun sumenep ini ada 3 air terjun.
Dari parkir kendaraan nantinya kita jalan kaki menuju lokasi air terjun. Track pertama nanti melewatiladang penduduk, kemudian Sebelum tanjakan yang tinggi ada pertigaan, ambil arah belok kiri, ikuti jalan yang menurun menuju lembah sambil melihat posisi air terjun. Dari sini sudah terlihat 3 air terjun tersusun secara berundak dari kejauhan.

Jika sudah melewati sungai kecil, ambilah arah kiri dan ikuti jalan setapak hingga turun ke dasar lembah dan melewati persawahan dan menyeberangi sungai. Setelah menyeberangi sungai melewati padang rumput persawahan warga dan sampailah di air terjun Sumenep yang pertama. Di air terjun yang pertama ini tidak terlalu tinggi air terjunya, tapi lokasinya sangat cocok untuk ciblon atau mandi. Dan disini juga sangat cocok untuk camping, karna lokasinya yang luas dan terbuka.

Lanjut menuju Air terjun yang kedua. Tidak jauh dari air terjun pertama letak air terjun yang kedua, karna dari air terjun pertama, air terjun kedua sudah kelihatan. Jalan menuju ke air terjun yang kedua ini tak kalah ekstrim dengan yang pertama.  Dan juga menuju lokasi air terjun kedua ini cukup licin dan melewati  semak2, bahkan kami sempat kebingungan mencari jalan menuju ke arah air terjun yang kedua. Jarak air terjun pertama ke air terjun kedua ini kira2 10 menit. Air terjun kedua ini lebih tinggi dari air terjun yang pertama hanya saja aliran airnya tak selebar air terjun yang pertama.

Lanjut menuju air terjun yang ketiga, yaitu air terjun yang paling tinggi diantara 2 air terjun sebelumnya. Dan diair terjun ketiga ini gak hanya tinggi, tapi airnya cukup lebar membelah menjadi tiga kalau pas aliran airnya cukup deras. Untuk menuju air terjun ketiga ini dari air terjun kedua jaraknya sekitar 15 menit dengan medan yang semakin sulit. Awalnya tracknya menanjak dengan jalur setapak yang di penuhi semak2 sampai jalur tak terlihat, kemudian tracknya menuruni bebatuan yang licin. Usahakan apabila menuju lokasi air terjun sumenep menggunakan sandal gunung atau sepatu biar lebih safety.