Sabtu, 07 Oktober 2017

Keindahan Gunung Merbabu via Selo

Haloo sahabat petualang,,
Assalamualaikummm…..
Kali ini Saya mau berbagi cerita lagi nih, semoga bermanfaat bagi sahabat2 petualang semua. Gini ni.. kali ini Saya mau berbagi cerita tentang pendakian merbabu dengan ketinggian 3.142 mdpl via selo.

Gunung merbabu ini termasuk gunung api yang bertipe strato atau bisa dibilang gunung api yang sudah lama tidur dan terletak di wilayah magelang dan boyolali jawa tengah. Gunung merbabu  ini terkenal dengan medanya yang lumayan berat dan bersuhu sangat dingin ketika musim kemarau. Di merbabu ini memiliki jalur pendakian yang lumayan banyak yaitu via wekas, via tekelan, via cunthel, via selo dan suwanting (jalur baru).




Pada gunung merbabu ini memeiliki beberapa puncak, dan puncak tertinggi adalah kenteng songo 3.142 mdpl. Gunung merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” berarti wanita. Gunung ini dikenal juga memiliki 5 buah kawah yakni, kawah condrodimuko, kombang, kendang, rebab, dan sambernyowo.

Di gunung merbabu ini kita dapat melihat pemandangan yang indah disepanjang perjalanan menuju puncak, banyak terdapat sabana dan gunung2 yang mengelilingi merbabu, diantaranya g. merapi, g. ungaran, g. telomoyo, g. andong , g. sindoro dan g. sumbing.

JALUR SELO BOYOLALI

Okehh..langsung saja nih Saya cerita, sebenernya Saya sudah beberapa kali. Untuk kali ini Saya mau berbagi cerita yang via selo nih. Menurut pengalaman Saya diantara 4 jalur yang pernah Saya lewati yang paling cepet adalah via suwanting, dan paling lama via tekelan, jalur yang landai adalah via wekas dan selo merupakan jalur tercepat ke 2 merbabu setelah suwanting.



Untuk menuju basecamp selo bisa ditempuh dari magelang atau boyolali. Namun kalo menggunakan angkutan umum lebih mudah lewat boyolali. Kalo menggunakan angkot dari semarang ke boyolali nanti bisa naik bis solo turun ke kota boyolali. Dari boyolali menuju basecamp bisa naik angkot bus kecil jurusan selo atau pick up, bisa juga menghubungi basecamp, karna basecamp juga menyediakan jasa penjemputan.

SIMAKSI PENDAKIAN

Di jalur merbabu via selo ini simaksi pendakianya cukup mudah hanya mengisi buku identitas saja, dan membayar tiket masuk 15 ribu perorang, apabila bawa kendaraan dikenakan parkir. Moto 5000/motor dan mobil 10000/mobil. Basecampnya ada 3 di merbabu selo ini, dan tempatnya juga enak buat istirahat karna luas, ada warung, dan kamar mandi juga.

BASECAMP – POS 1 ( 1,5 JAM)
Dari basecamp menuju pos 1 jalurnya sangat bersahabat, banyak landainya (bonus). Jalurnya berupa tanah, apabila musim penghujan jalur akan dipenuhi air dan licin pastinya, kebalikanya apabila musim kemarau jalurnya sangat berdebu sekali.
Menuju pos 1 ini cukup jauh jaraknya, memakan waktu 1,5 sampai 2 jam tergantung sikon dan fisik masing2 pendaki. Dipos 1 cukup luas lokasinya nyaman buat istirahat.


Baca Juga : Pendakian Sumbing via Banaran


POS 1- POS 2 ( 1 JAM )

Dari pos 1 lanjut ke-pos 2, nah menuju pos 2 ini jalurnya banyak bonusnya alias landaiii… lumayan.hehe menuju pos 2 ini jalan berupa tanah dan waktu tempuh menuju pos 2 ini cukup sebentar kira2 1 jam perjalanan dengan medan yang lumayan enak.

Setelah pos 1 jalan menuju pos 2 menurun sekitar 15 menit menurun, setelah itu lanjut dengan track menanjak tapi masih bersahabat. Di pos 2 ini gag jauh beda sama pos 1 berupa tanah lapang yang bisa buat mendirikan 10 tenda lebih, tapi agag bahaya bila ada badai. Tapi apabila keadaan darurat, pos 2 ini sangat cocok untuk mendirikan tenda atau camp.

POS 2 – POS 3 ( 30 - 45 MENIT )

Lanjut pos 3, menuju pos 3 ini jalur lumayan nanjak sesekali ada landainya tapi banyakan nanjaknya dan jalanya juga berupa tanah yang agag licin. Setelah kurang lebih berjalan 45 menit dari pos 2, akhirnya kita sampai juga di pos 3 yang berupa tanah lapang yang sangat luas dikelilingi bukit yang  bisa buat mendirikan puluhan tenda dan sangat cocok buat camp.

Tapi apabila fisik masih fit dan sikon mendukung baiknya lagi bisa lanjut menuju sabana 1 atau sabana 2 untuk bermalam atau camp.

                                     (pos 3)


POS 3 – SABANA 1 ( 45 – 1 JAM )

Nahhh,, menuju pos 4 ini kita akan disugugi track yang amat menantang dengan tanjakan yang curam sekitar 60-70 drajat dengan jalur yang licin,( ngesot2 dah,,). Tapi tenang saja meski track nya kayak gitu tapi nanti kita akan disuguhi pemandangan yang keren dengan view merapi yang kelihatan gagah dan menawan. Kurang lebih 1 jam perjalan akhirnya kita sampai di pos 4 (sabana1). Di pos4 ini berupa sabana yang cocok buat area camp, yang dapat menampung puluhan tenda dengan view yang indah pula.



SABANA 1 – SABANA 2 ( 30 – 45 MENIT)

Menuju sabana 2 kita juga akan melewati track yang mirip menuju sabana 1. Dengan track yang nanjak dan licin tapi pemandanganya top markotop dah,, bikin kita selfi2 terus pokoknya.haha menuju sabana 2 ini kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari sabana 1. Dengan track yang nanjak tapi sesekali ada landainya.

                                      (sabana 1)


SABANA 2 – PUNCAK ( 1- 1,5 JAM)


Dari sabana 2 ke puncak kita sudah mulai ngetrack,, jalur nanjak terus berupa tanah yang sangat2 licin saat musim hujan, dan berdebu saat musim kemarau ditambah sengatan matahari karna tempatnya terbuka. Dari sabana 2 ke puncak nanti ada percabangan dimana kalo lurus menuju Puncak trianggulasi dan kalo kekanan menuju puncak kenteng songo. Jaraknya sama kira2 1 jam perjalanan. Atau kita juga bisa ke puncak trianggulasi dulu setelah itu menyebrang ke kenteng songo kira2 10 menit dah sampai karna puncaknya bersebelahan.

                                         (sabana 2) 

                                         (sabana 2) 

                                    (puncak trianggulasi)

Baca Juga : Pendakian Gunung Ciremai
Lokasi: Selo, Boyolali Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar