Rabu, 04 Oktober 2017

Explore Air Terjun Jurang Nganten Yang Indah

Halo sahabat petualang, Kali ini saya akan berbagi pengalaman explore air terjun di daerah jepara jawa tengah. Nama air terjunya adalah Air Terjun Jurang Nganten berupa terjunan air yang mengucur pada dinding bukit yang tegak dengan ketinggian sekitar 30 m lebih.  Lokasi air terjun ini cukup sepi dan tenang. Terletak di Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.



Legenda dinamakanya Air Terjun Jurang nganten
Dahulu pada zaman wali ada sepasang pengantin yang tidak direstui oleh orang tua mempelai wanita. Namun mereka tetap melangsungkan pernikahan, kemudian sepasang pengantin baru ini pergi mengendarai kereta, tapi kereta ini tidak ditarik oleh kuda melainkan oleh kerbau.

Mereka pergi menyusuri sungai hingga pada akhirnya mereka terjerumus ke jurang. Dan jurang tersebut adalah air terjun yang dimaksud.  Itulah asal muasal kenapa air terjun ini disebut dengan Air Terjun Jurang Nganten, dimana jurang artinya tebing yang terjal dan nganten adalah pengantin.  Dengan demikian Jurang Nganten maksudnya adalah jurang tempat dimana pengantin terjerumus.


Baca Juga : Air Terjun Sumenep Jepara

Simaksi, Fasilitas dan Akomodasi
Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.
Dikarenakan belum dikelola oleh pemda setempat dan letaknya sulit dijangkau oleh pengunjung belum tersedia fasilitas seperti kamar mandi dan wc ataupun mushola. Hanya saja disana terdapat warung penjual jajan dan makanan.

Perjalanan Menuju Air Terjun Jurang Nganten
Untuk menuju lokasi air terjun jurang nganten tidaklah sulit. Karna kita bisa menggunakan maps gps. Hanya saja jalan menuju ke lokasi parkirnya kurang bersahabat karna jalanya apabila hujan akan parah becek dan licin dan susah dilalui hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Sebenernya mobil bisa menjangkau lokasi parkir hanya saja agak susah.


Lokasi parkirnya Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Jepara ke arah timur laut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dari pusat kota Jepara arahkan kendaraan menuju kecamatan Pakis Aji lalu Pasar Lebak.  Sesampainya di pertigaan Pasar Lebak berbelok ke selatan hingga tiba di perempatan yang ada haltenya.  Di halte ini belok kiri lalu terus ikuti jalan hingga tiba di desa Tanjung.  Dari desa Tanjung ini naik lagi (ke arah timur) sampai ujung desa (tidak ada rumah penduduk lagi) dengan jalan tidak berasal.  Ikuti jalan ini hingga tiba di pertigaan jalan kecil dan ada tanda menuju lokasi air terjun Jurang Nganten berada.



Air terjun jurang nganten ini sangat indah, air akan surut di musim kemarau, jadi kalo kesana jangan waktu musim kemarau, meskipun ada airnya tapi hanya sedikit. Waktu yang pas kesana adalah waktu musim penghujan. Hanya saja kadang kalo musim punghujan airnya agak keruh. Jadi carilah waktu yang pas untuk kesana agar tidak menyesal setelah sampai sana.
Tiket dan Parkir




Dari parkiran dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan sungai yang berada di atas air terjun.  Bagi yang ingin mendekati dasar air terjun harus menuruni jalan setapak yang cukup curam dan licin  dengan dinding tebing sebelah kanan dan jurang sebelah kiri yang hanya dibatasi dengan pegangan bambu seadanya.  Jarak tempuh dari area parkiran hingga dasar air terjun sejauh kira-kira 700 m.

Baca Juga : Air Terjun Sumenep Jepara

================================= = = =  ================================
Lokasi: Pakis Aji, Jepara Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar