Senin, 14 Agustus 2017

Solo Hiking Gunung Ungaran 2.050 Mdpl

Assalamualaikum, halooo sahabat petualang…
Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang solo hiking atau yang biasa disebut mendaki sendirian. Mungkin kebanyakan mendaki gunung itu dilakukan secara kelompok. Dan harusnya dalam mendaki gunung itu minimal anggotanya 3 orang, missal apabila salah satu anggota mengalami cidera, nanti yang satu bisa menjaga temanya dan yang satunya lagi bisa turun melapor ke basecamp.

Nahh,, bagaimana jika mendaki seorang diri?? Tentu saja bisa. Anda hanya pergi sendirian dalam mendaki gunung dengan membawa segala peralatan mendaki dalam carrier, logistic yang cukup, dan juga diperlukan fisik dan mental yang mumpuni dan menguasai medan yang akan dituju. Karna nantinya kita akan sendirian ditengah hutan, dengan beban 2 kali lipat dari biasanya karna mendaki seorang diri, bayangkan saja bila ditengah hutan sendirian,hehe woowwww banget dah,, tapi tentu saja kita tetep hati2 karna salah sedikit kita bis tersesat bahkan mungkin sesuatu buruk datang pada kita dan tidak ada yang tau karena kita sendiri. Tetep jaga safety dan juga jangan lupa berdoa tentunya.

Langsung saja nih, dari awal sebenernya saya gag pernah kepikiran buat solo hiking sebenernya, tapi hati naluri saya tiba2 ingin sekali merasakan gimana rasanya mendaki sendirian. Nah waktu itu kebetulan habis wisuda libur panjang saya memutuskan untuk mendaki gunung. Karna waktu itu gag ada temen terpaksa saya naik sendirian karna udah lama kangen naik gunung gara2 disibukkan oleh skripsi.hehe dan pilihan saya adalah mendaki gunung ungaran.

Gunung ungaran adalah gunung faforit buat mendaki gunung, apalagi orang yang pertama mau naik gunung, ungaran ini sangat cocok bagi pendaki pemula.karna tingginya hanya 2050 mdpl dengan medan yang lumayan menantang sebenernya.hehe

Sebenernya saya sudah 3 kali melakukan solo hiking, pertama di ungaran (2013), kedua di merapi (2014) dan yang terakhir di merbabu (2014). Nah kali ini saya cerita yang ungaran dulu nih pendakian solo hiking yang pertama dan mengesankan. Waktu itu rencana saya berangkat hari minggu- senin tahun 2013. Kenapa pilih minggu? Ya pengin yang sepi2 soalnya.hehe sebenernya saya sudah beberapa kali naik ungaran, tapi ini yang pertama kalinya naik sendirian ke ungaran.

Waktu itu sampai di basecamp mawar sore habis ashar, saya isoma dulu rencana berangkat jam 5 sore, dan setelah semua perlengkapan beres saya mulai pendakian. Waktu itu saya lihat daftar pendaki ada 20 an orang yang sudah naik, lumayan ada temenya diatas,hehe  tidak lupa sebelum berangkat berdoa dulu. Pendakian pun dimulai, memang benar rasanya beda sekali pokoknya setelah memasuki hutan seorang diri ditemani kabut dan hari mulai gelap,,, tapi disitu saya tetep tenang dan sambil mendengarkan music untuk menghilangkan kejenuhan dan ketakutan. Akhirnya setelah 30 menit berjalan sampai juga di pos 1. Di pos 1 ini di terletak di hutan dibawah pohon besar.

Di pos 1 saya hanya sebentar karna hari sudah mulai gelap, lanjut perjalanan ke pos 2, mental saya sudah mulai stabil, semakin baik dan semakin nyaman, rasa takut mulai hilang dan akhirnya setelah 30 menit berjalan dari pos 1 saya sampai juga di pos 2 di kebun teh. Di kebun teh ini saya bertemu rombongan dari undip 4 orang 3 cowok dan 1 cewek. Sambil istirahat dan sholat magrib dulu sesekali saya ngobrol dengan rombongan undip. Tadinya saya mau bareng sekalian sama mereka tapi ternyata mereka ingin ngecamp di kebun teh.

Setelah magriban saya lanjut lagi ke pos 3, rencana si saya ngecamp di puncak langsung. Lanjut menuju pos 3 udara semakin dingin cuaca juga mulai tidak bersahabat terlihat petir yang menyambar2 tapi belum hujan. Tetep lanjut dengan ditemani music. Di pos 3 saya bertemu lagi rombongan dari jogja 8 orang 4 cowok dan 4 cewek. Mereka sedang istirahat karna salah satu anggotanya ada yang gag kuat. Saya cuman bentar di pos 3 karna mau ngejar waktu takutnya hujan. Setelah 90 menit dengan track bebatuan yang nanjak curam sampai2 lutut mepet dada.hehe saya merasa kelelahan karna cuaca yang mulai grimis ditambah angin bertiup kencang dan dingin. Akhirnya saya memutuskan ngecamp dibawah puncak di rumput ilalang.

Di tempat camp saya bertemu rombongan dari semarang 10 orang lebih kayaknya anak2 undip katanya. Disitu saya dibantu mendirikan tenda, dan meraka ternyata tidak membawa tenda hanya memakai flashit. Akhirnya yang perempua yang kedinginan tak suruh tidur di tenda, aq tidur di teras tenda. Alhamdulilah cuaca waktu itu gag jadi hujan hanya angina saja yang bertiup kencang. Sebelum tidur saya masak dulu bareng rombongan anak2 semarang dan rencana lanjut ke puncak jam 4 pagi.

Pagi pun tiba, saya mulai summit pukul 5 pagi, karna tadi ngopi dulu sebelum summit. Semua barang saya tinggal, hanya membawa tas slempang dan botol minum kecil. Setelah 30 menit berjalan akhirnya sampai juga di puncak. Dan ini benar2 pengalaman pertama solo hiking yang tak pernah saya lupakan. Banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari pengalaman ini. Dan Semoga bermanfaat buat sahabat2 petualang semua, Kita tidak akan tau dan tidak pernah tau bila kita takut mencoba,Tetap yakin dan lakukan.

Tips Solo Hiking
-          Kenali area/medan tujuan anda, paling tidak sudah pernah melewati medan itu
-          Kenali berbagai resiko dan siapkan langkah penangananya
-          Beritahukan rencana pendakian anda kepada orang lain/ lapor ke basecamp
-          Pilih jalur yang ramai dilalui
-          Perkirakan cuaca
-          Ketahui batas kekuatan fisik dan mental
-          Bersahabatlah dengan pendaki lain dijalan
-          Membawa lebih banyak logistic
-          Dan yang terakhir dengarkan suara hati, yakin, dan berdoa.

Terimakasih buat allah SWT yang selalu melindungi disetiap perjalanan, ayah dan ibu yang selalu mendoakan.