Rabu, 29 April 2015

Cara Mencuci dan Merawat Peralatan Outdoor

Assalamualaikum sahabat petualang...
Kali ini saya mau berbagi tips merawat peralatan outdoor niehh biar tetep awet dan nyaman digunakan.



Dalam dunia outdoor atau pendakian pasti kita sangat memerlukan peralatan outdoor untuk. Peralatan outdoor ini bisa dibilang sangat penting dalam pendakian, karena safety itu penting. Percuma kan kita beli mahal2 peralatan outdoor kalo tidak pernah dirawat. Nahhh,, kali ini saya mau bagi tips nih buat merawat peralatan outdoor agar tetep awet dan nyaman waktu digunakan,, pacar aja dirawat masak peralatan outdoor nggak.hehe (pacar kagak punya si).

1.      CARA MERAWAT JAKET OUTDOOR

Jaket adalah satu perlengkapan outdoor yang sangat penting dan wajib dibawa, yang fungsinya adalah membantu mengurangi hawa dingin disaat mendaki gunung atau di alam bebas, tau sendiri kan digunung hawanya seperti apa..hehe usahakan beli jaket itu yang waterproof dan dalemnya polar.

Cara Mencuci jaket outdoor
  1. Rendam jaket outdoor dengan air hangat/ langsung air dari keran jg gpp, Tambahkan mild soap/sabun tanpa detergent seperti shampoo atau sabun bayi. karena sifat detergent yang keras dimungkinkan akan merusak latexnya, apalagi pakai pemutih. ( ngerawat kulit sendiri aja gak pake pemutih masak jaket diberi pemutih.hehe)
  2. Biarkan berendam selama 30-60 menit. sesuai kebiasan juga bisa. (ditunggu sambil ngopi2 atau melamun juga boleh)
  3. Kucek-kucek pakai tangan dengan lembut, (sambil nyanyi2 biar lebih semangat.hehe) kalau masih ada noda yang sedikit menempel sikatlah dengan lembut dan searah serat/alur, jangan kasar nanti akan merusak latexnya atau memperlebar pori kain. Kalau tidak bisa hilang juga, ya biarkan saja. Kalo sobek ya beli lagi.hehe
  4. Sudah beres dengan kucek-kucek, bilaslah seperti biasa hingga sabunnya hilang.
  5. Peras dengan cara meremas/menekannya saja. Jangan diperas dengan cara dipelintir kasihan jaketnya.hehe
  6. Keringkan jaket anda dengan cara digantung atau menggunakan hanger dan hanya diangin-anginkan saja (ditiupin sampe bibir jongor jg gpp.hehe). Jangan dijemur kena matahari langsung. nanti bisa meletek/mengelupas latexnya.
  7. Tungguin dah sampai kering. sambil melamun juga boleh atau sambil ngopi2 juga gpp.hehe
  8. Kalau dah kering mau lebih rapi ya disetrika, tapi mesti dilapis dengan handuk atau kain lain jangan terkena langsung, atur setrika dengan low-medium heat/panas kecil atau settingan nylon synthetic.
  9. Untuk penyimpanan bebas-bebas saja, asal jangan disimpan luar rumah nanti bisa hilang.hehe
Lebih kurangnya kayak gitulahhh, oiyaaa..kalo jaket udah rusak beli lagi yang baru ya..hehe

2.      CARA MERAWAT SLEEPING BAG

Sleeping bag atau biasa disebut SB ini juga salah satu peralatan yang wajib dibawa didunia pendakian, karna sangat penting digunakan waktu kita tidur biar tetep anget dan bisa tidur nyenyak.. kalo tidak bawa SB bisa2 kita jadi zombie nanti.haha

Cara Mencuci Sleeping Bag.
  1. Gunakan ember yang sekiranya cukup untuk merendam sleeping bag, dengan air hangat ataupun langsung air keran (biar cepat). Tanbahkan mild soap/sabun tanpa detergent seperti shampoo atau sabun bayi biar bahan SB tidak rusak.
  2. Biarkan sleeping bag bag anda berendam sepenuhnya selama 20-30 menit.
  3. Kucek-kucek pakai tangan dengan lembut, kalau masih ada noda yang sedikit menempel sikatlah dengan lembut, jangan kasar nanti akan merusak lapisan tahan airnya. Kalau tidak bisa hilang juga, ya biarkan saja.
  4. Sudah beres dengan kucek-kucek, bilaslah seperti biasa hingga sabunnya hilang.
  5. Untuk membuang airnya cukup dengan cara meremas/menekannya saja. Jangan diperas dengan cara dipelintir, nanti akan merusak bahan dalamnya.
  6. Keringkan sleeping bag anda dengan cara digantung atau menggunakan hanger dan hanya diangin-anginkan saja. Jangan dijemur kena matahari langsung.
  7. Biasanya 24 jam dah kering, tergantung cuaca.
Cara Menyimpan Sleeping Bag
Ada dua perlakuan terhadap penyimpanan sleeping bag anda, penyimpanan yang tidak terlalu lama (sering dipakai) dan untuk jangka waktu yang lama.
  1. Untuk anda yang sering bepergian, hingga tiap satu minggu sekali. Simpan dengan menggunakan kantung sleeping bag bawaannya tidak terlalu bermasalah, namun akan lebih baik dengan cara menghamparkannya saja atau dimasukkan kedalam kantung yang lebih besar agar tidak terkompresi/tertekan saat penyimpanan.
  2. Untuk yang jarang bepergian atau hanya sesekali saja. Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang lama dapat anda hamparkan saja atau anda simpan didalam kantung yang lebih besar atau digantung didalam lemari menggunakan hanger atau loop pada kaki sleeping bag agar tidak terKOMPRESSI/tertekan pada saat penyimpanan sehingga bahan dalaman sleeping bag akan lebih awet tambahkan juga pengharum dan anti jamur ya.
3.      CARA MERAWAT SEPATU OUTDOOR

Sepatu outdoor ini juga bisa dibilang sangat penting, apalagi bila rute pendakian kebanyakan berupa bebatuan. Sepatu ini berfungsi agar kaki kita tetap terlindungi dari bebatuan yang bisa membuat kaki kita terluka, juga bisa juga buat menghindarkan kita dari pacet.

·         Cara mencuci sepatu gunug atau sepatu trekking.

Kebanyakan sepatu gunung atau sepatu trekking memiliki bahan kulit, baik kulit sintetis maupun kulit asli (bukan kulit manusia lho..) Ooleh karena itu teman-teman harus mencucinya secara hati-hati menggunakan air (jangan dilaundrikan yaa) Teman-teman boleh juga menambahkan shampo untuk mencuci sepatu gunung atau sepatu trekking. Namun, disarankan agar tidak menggunakan detergen karna bisa merusak bahan sepatu. Kalo ada yang kotor banget bisa disikat dengan lembut jangan kasar2.

·         Cara mengeringkan sepatu gunung atau sepatu trekking.

Selanjutnya cara mengeringkan sepatu gunung atau sepatu trekking juga agak berbeda dengan cara mengeringkan sepatu pada umumnya. Teman-teman disarankan untuk mengeringkan sepatu gunung atau sepatu trekking dengan hanya diangin-anginkan saja. Jangan menjemur langsung dibawah terik sinar matahari. Hal itu untuk menjaga agar warna sepatu gunung atau sepatu trekking tidak berubah dan memudar gosong warnanya. (kulit wajah saja kalo dipanasan bisa item.hehe)

·         Cara memperbaiki sepatu gunung atau sepatu trekking.

Apabila sepatu gunung atau sepatu trekking mengalami sedikit sobek atau ada bagian yang sedikit mengelupas teman-teman bisa menempelnya kembali dengan lem khusus yang kuat. Beri lem secukupnya jangan terlalu banyak. Kalo ingin lebih kuat sepatu trakking bisa juga dijahitin ditukan soul spatu biar tambah kuat.

·         Cara menyimpan sepatu gunung atau sepatu trekking.

Untuk cara menyimpan sepatu gunung atau sepatu trekking, teman-teman bisa menyimpannya ditempat yang aman. Jauh dari jangkauan anak-anak dan maling. Hehehe. Maaf sedikit bercanda. Teman-teman simpan sepatu gunung atau sepatu trekking tanpa tertindih benda atau sepatu lain. Boleh juga menyumpal bagian dalam sepatu gunung menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai.

4.      CARA MERAWAT TENDA DOOME


Cara mencuci tenda/dome
    1)   dirikan tenda sebelum melalakukan pencucian, bersihkan dulu bagian alas tenda yg dalam. pastikan tidak ada kotoran tanah, plastik, ataupun bekas makanan ringan.
    2)      siram tenda dengan air yg mengalir (kekuatan air kecil), siram perlahan bagian luar'nya.
    3)      usap  keseluhan bagian luar tenda dengan mengunakan kain halus atau spon, (jangan sikat)
    4)     gunakan shampo (shampo rambut) usahakan jangan mengunakan deterjen (sabun colek/ sabun cuci bubuk .
    5)     setelah bagian luar sudah beres, segera cuci bagian dalam, dan alas tenda, bagian ini boleh di sikat dengan mengunakan detergen, karena bagian alas biasa'nya berbahan dari terpal
   6)    setelah selesai semua, keringkan semua bagian tenda dengan canebo atau handuk untuk mengurangi air'nya, setelah itu di angin-anginkan saja, jangan di jemur di bawah matahari langsung
   7)     bersihkan juga frame tenda dari kotoran yg melekat, karena akan membuat frame berkarat dan tidak lentur lagi 
    8)      Cara mencuci flysheet
    1. bentangkan fleeshet di atas seutas tali
    2. siram bagian luar dengan air, dan bersihkan dengan spon atau kain yg halus, untuk bagian flysheet boleh mengunakan detergen,
    3. setelah di bilas segera balik flysheet untuk membersihkan sisi yang lain'nya.
    4. flyshheet langsung di angin-anginkan tak perlu di keringkah terlebih dahulu

Cara merawatnya
1)      Setelah anda selesai berkegiatan dan kembali ke rumah atau base camp, segera bongkar isi tas carrier dan ambil tenda yang ada di dalamnya, kemudian bersihkan semua kotoran yang melekat baik bagian dalam maupun luar tenda. jika tidak terlalu kotor, gunakan spons yang dibasahi dan sabun untuk membersihkannya. kami lebih merekomendasikan dengan sampo.
2)      Jika anda sering memakai dome saat hujan, anda bisa memeriksa tiang (frame) tenda dan membersihkannya dengan air supaya lempengan besi yang ada tidak korosi sehingga mengurangi kelenturan frame. Resleting juga perlu diperhatikan meskipun resiko karatnya kecil. Anda bisa menyemprotnya dengan silikon kecil pada gerigi resleting agar tetap normal.
3)      Simpan tenda dome anda di tempat yang kering dan sejuk. Jangan menyimpan di tempat yang panas karena bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan tenda.
4)      Sesuatu yang paling sering menyebabkan kerusakan pada tenda dan mungkin jarang disadari adalah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Biasakan sekali-kali mendirikan tenda dan diangin-anginkan (ruangan terbuka tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga benar-benar kering dengan angin) sekalipun tidak dalam kegiatan.
5)      Jangan sekali-kali menggunakan tenda untuk alas tidur atau selimut jika tidak dipergunakan. hal ini untuk mengurangi gesekan-gesekan antara tenda dan alas serta pada tanah jika untuk alas tidur.
6)      Jangan menyalakan api atau merokok dan sejenisnya di dalam tenda. lebih bagus lagi jika memakai alas seperti jas hujan dsb sebelum mendirikan tenda agar alas tenda tidak berlubang.

5.      CARA MERAWAT TAS CARRIER

1.  Kosongkan tas

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan merawat tas adalah mengosongkan Carrier Anda dari barang - barang yang sebelumnya ada di dalamnya. Pastikan juga tidak ada makanan yang tertinggal. Barang - barang yang tertinggal bisa mengundang jamur yang akan merusak tas.

2.   Cuci Carrier setelah digunakan

Setelah tas dikosongkan, cuci Carrier Anda sampai bersih. Setelah dipakai, tas pasti kotor terkena debu atau pengotor lainnya. Tanpa disadari, kotoran yang dibiarkan menempel bisa merusak tas terutama bahannya. Oleh karena itu, sangat penting mencuci tas setelah digunakan. Selain itu, dengan mencuci, tas Anda juga bisa tampak lebih bersih seperti baru kembali.

3.    Beri kapur barus

Musuh utama tas adalah jamur. Jamur bisa datang bila udara di dalam tas lembab. Jamur yang dibiarkan berada di tas tentu bisa merusak bahan tas, menjadi rapuh dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya masukan kapur barus sebelum menyimpan tas. Langkah ini sangat efektif untuk mengusir jamur.

4.   Bungkus tas Carrier dengan plastik

Kotoran atau Debu yang beterbangan bisa menempel dimana saja termasuk Carrier Anda. Setelah dicuci dan diberi kapur barus, simpan tas dengan membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan tas, dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka, yang memungkinkan debu masuk. Jangan biarkan juga tali yang ada di Carrier Anda menjuntai kemana - mana, karena akan sulit dirapihkan kembali nantinya.

5.   Pastikan Carrier tidak tertindih barang berat

Tas Carrier yang telah dibungkus rapi dengan plastik sudah siap untuk disimpan di lemari penyimpanan. Hal yang harus diperhatikan saat menyimpan tas adalah jangan biarkan ada barang berat yang menimpanya. Barang berat yang berada di atas ransel atau Carrier bisa mengubah bentuk punggung tas, jangan lupa dikasih kapur barus biar tidak jamur.

Demikian tips2 merawat peralatan/perlengkapan outdoor agar tetep awet dan nyaman digunakan. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat2 petualang semua ya.. terimakasihh dan sampai jumpa lagiii…

0 komentar:

Posting Komentar